Rapat Tim Pelaksana dan Bimtek Dalam Rangka Fasilitasi Tinjauan Lapangan Implementasi Program dan Sosialisasi Progress Smart City Kabupaten Magelang


Created At : 2020-10-21 00:00:00 Oleh : NUR FARIKHANI Berita Terkait Tugas dan Fungsi Dibaca : 312
Tinjauan lapangan dimaksudkan mengevaluasi implementasi Smart City melalui instrumen kuesioner yang telah disiapkan oleh Kementerian Kominfo RI. SKPD didampingi pembimbing dari mewawancarai masyarakat dan mengisi kuesioner.

Kuesioner yang dimaksud meliputi pertanyaan : peningkatan kualitas pelayanan publik, perbaikan dalam transparansi pembangunan, perbaikan dalam pembangunan infrastruktur fisik dan digital, peningkatan pendapatan keluarga, peningkatan kualitas hidup sosial (pendidikan, kesehatan, keamanan, lingkungan), manfaat dari pembangunan infrastruktur, apakah masyarakat tahu adanya program smart city, apakah masyarakat ingin terlibat dalam program smart city, apakah masyarakat sudah terlibat dalam program smart city dan usulan masyarakat





Hari pertama, Selasa 3 Maret 2020
a. Rapat dimulai dengan pembukaan oleh Bapak Drs. Sri Suraryo, M.Si sambil menunggu kehadiran Bapak Sekda.
b. Laporan progres Smart City Kabupaten Magelang oleh Bapak Drs. Sugeng Riyadi, M.Eng.
c. Dilanjutkan sambutan Sekretaris Daerah yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum Bapak Drs. Asfuri, M.Si
d. Selanjutnya paparan materi dan diskusi oleh Bapak Adi Mulyanto
e. Kegiatan dilanjutkan tinjauan lapangan ke Desa Sumber Kecamatan Dukun dan Desa Pucungrejo Kecamatan Muntilan terkait program paseso desa bersaudara dan jelajah magelang, Bapak Adi Mulyanto melanjutnya sendiri pengisian kuesioner di Hotel Grand Artos pada malam harinya.
f. Program paseso yang telah berjalan sangat bermanfaat baik bagi desa KLB maupun desa penyangga. Pembangunan infrastruktur seperti fasilitas akses jalan dan tempat evakuasi akhir juga telah berjalan. Saran dari masyarakat perlu ada pengembangan bentuk bentuk kegiatan kerjasama antara kedua desa bersaudara tidak hanya dalam kebencanaan tapi juga bidang-bidang lainnya.
g. Masih ada terutama masyarakat umum yang belum tahu program smart city Kabupaten Magelang, ini yang nantinya akan menjadi rekomendasi pembimbing untuk disampaikan kepada pemimpin di daerah.





Hari kedua, Rabu 4 Maret 2020
a. Rapat dimulai dengan pembukaan oleh Bapak Drs. Sri Suraryo, M.Si sambil menunggu kehadiran Bapak Sekda.
b. Laporan progres Smart City Kabupaten Magelang oleh Bapak Drs. Sugeng Riyadi, M.Eng.
c. Selanjutnya paparan materi dan diskusi oleh Bapak Adi Mulyanto
d. Tinjauan lapangan di hari kedua direncanakan akan mengevaluasi implementasi smart city program smart economy (rumah ketela borobudur, pasar kuliner kebon watugede, pasar tradisi lembah merapi), smart environment (sampah organik/ bank sampah), smart branding (go organik), smart living (antrian rsud muntilan) 
e. Pembimbing membawa setidaknya 30 kuesioner di masing-masing smart, selanjutnya diharapkan SKPD bisa melalukan evaluasi mandiri melalui kuesioner dimaksud untuk disampaikan pada penilaian tahap I sebanyak total 300 kuesioner.




GALERI FOTO

Agenda

Peresmian
Kamis, 20 Desember 2018