Wisata Keluarga: Mini Rafting Ala Desa Kojor

AryaBerita / Artikel


Magelang (25/07) - Sahabat Gemilang, anda mendambakan wisata lengkap bagi keluarga anda? Jauh dari nuansa perkotaan, Desa Wisata Bojong Kojor akan menyuguhi anda dengan wisata pedesaan khas nuansa alam Jawa Tengah.

Masih seputar wisata Tubing, kali ini anda kami ajak menyusuri irigasi Bendungan Kojor di arus Sungai Pabelan, Mungkid, Jawa Tengah. Menggunakan ban bekas, anda akan merasakan sensasi mini rafting atau Tubing khas Desa Wisata Bojong Kojor. Dalam satu kali trip, pengunjung akan menyusuri saluran irigasi sepanjang kurang lebih 500 meter.

Dengan biaya Rp.20.000 per orang, anda bisa merasakan sensasi Tubing khas Desa Kojor ini. Meskipun murah dan menyenangkan, keamanan tetap diperhatikan. Pengunjung dibekali alat keamanan berupa helm, pelindung siku, dan lutut. Karena tubing ini dilakukan di saluran irigasi, wisatawan tidak perlu dibekali pelampung karena kedalaman air kurang lebih hanya sampai lutut orang dewasa.

Wahana wisata mini rafting ini bisa dibilang aman untuk semua kalangan usia karena debit air bisa diatur langsung dari saluran irigasi itu sendiri. “Kalau yang tubing anak-anak, kami setel arusnya agar pelan. Tapi kalau yang tubing itu orang dewasa, kami atur debit airnya lebih deras”, jelas Financius Rudito, yang akrab disapa Didit, pengelola Desa Wisata Bojong Kojor.

Banyak wisatawan sudah merasakan serunya tubing di Desa Kojor ini. Anak-anak usia pra-sekolah hingga dewasa sudah pernah berkunjung ke sini. Selain itu, tidak hanya turis domestic, juga turis mancanegara. Tercatat turis dari Swiss dan Italia sudah pernah singgah di wahana wisata ini.


Pengunjung menikmati derasnya air bendungan

 

Wahana wisata ini baru dibuka awal Oktober 2016 oleh warga Desa Bojong Kojor. “Awalnya ide wisata ini muncul dari Paguyuban Wisata Dusun Kojor, yang dinamai Deswita Boko”, kata Didit mengisahkan awal mula adanya wahana wisata ini. Saluran irigasi awalnya dibuat untuk menghidupkan kembali sawah - sawah petani yang terkena dampak lahar dingin erupsi Merapi, 2010 silam. “Namun kini berkembang menjadi Desa Wisata Bojong Kojor, yang juga menyediakan paket-paket wisata outbond, spot selfie, pemancingan, kuliner, dan yang baru-baru ini booming adalah mini rafting atau Tubing ini”, pungkas Didit.


Magelang, 25 Juli 2017
FanyRachma | Pranata Humas Kab. Magelang

Daftar Link

SMS Center